Langsung ke konten utama

Tips Menyehatkan Jantung

Tips Menyehatkan Jantung
Tips Menyehatkan Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Kementrian Kesehatan RI, sejak tahun 2007 penyakit jantung ‘membunuh’ lebih dari 220.000 jiwa per tahun di Indonesia, hampir dua kali lipat dari angka kematian yang disebabkan oleh TBC (tuberkolosis) yang ‘hanya’ 127.000 jiwa per tahun. Angka kematian ini tentunya akan semakin bertambah seiring dengan gaya hidup masyarakat yang semakin lama semakin memburuk. Mulai dari kebiasaan merokok, minum alkohol berlebihan, makan makanan berlemak, dan sebagainya.

Nah, berikut ini ada 7 tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mengoptimalkan kesehatan jantung Anda.

1. Bernapas. Pernapasan dalam dan perlahan akan mengurangi beban kerja jantung, membuat jantung lebih kuat, bekerja lebih efisien, mendapat cukup oksigen, mengurangi hipertensi, dan membuat jantung awet.

2. Tidur.
Sebuah studi yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang tidur hanya enam jam sehari atau kurang, tubuhnya beresiko memiliki banyak protein C-reactive yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3. Jalan Kaki. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menyatakan bahwa jalan kaki dengan cepat selama tiga jam seminggu akan menurunkan resiko terkena penyakit jantung koronan sekitar 30 – 40 persen. Studi yang dilakukan peneliti dari Duke University Medical Center, Durham, AS, juga mengemukakan bahwa jalan cepat 30 – 45 menit per hari (atau 2 – 3 jam per minggu) akan menjaga kesehatan jantung.

4. Buah. Konsumsi buah setiap hari akan mendukung kesehatan jantung. Tak perlu buah yang mahal kok, cukup buah-buahan tropis yang murah dan mudah didapat. Misalnya saja pisang yang kaya akan potasium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga otot jantung. Atau pepaya dan jeruk yang mengandung vitamin C, folat, serat dan karotenoid yang bersifat antioksidan dan baik untuk jantung. Selain itu, Melon juga kaya akan vitamin C, potasium, dan antioksidan karotenoid.

5. Sayuran. Berbagai sayuran yang mudah dibeli di pasaran juga baik untuk jantung. Di antaranya:
  • Bayam, mengandung vitamin C dan betakaroten yang akan menjaga kesehatan pembuluh darah arteri. Juga kaya akan potasium dan magnesium yang penting untuk mengatur kerja otot jantung serta menurunkan hipertensi. Asam folatnya dapat menurunkan kadar homosistein yang bisa menimbulkan penyakit jantung. Peptida-nya, menurut studi yang ditulis dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, dapat menurunkan hipertensi.
  • Brokoli, memiliki banyak zat pelindung jantung, seperti vitamin C, A, dan sulforafan.
  • Tomat, adalah sumber likopen yang sangat baik. Hasil studi terbaru dari Harvard menyatakan, konsumsi likopen akan mengurangi resiko serangan jantung hingga 50 persen. Itu karena likopen mampu mencegah kerusakan sel di arteri.
6. Air. Sebuah study yang sudah di muat dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2002 mengemukakan bahwa orang yang minum lebih dari lima gelas air putih per hari, resiko terkena serangan jantung akan berkurang hingga 41 %. Kekurangan air akan membuat otot jantung bekerja keras dan darah menjadi lebih kental.

Senyum. Senyum dan tawa baik untuk sirkulasi darah, mengurangi beban pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung.

Komentar

  1. Ini dia artikel yang sedang saya cari mengenai cara menyehatkan jantung. Ya karena kali ini saya memang masih muda dan alhamdulillah masih di beri kesehatan. Saya membaca artikel ini hanya untuk ilmu yang bermanfaat buat saya yang bisa saya terapkan di kemudian hari thaks https://www.tipsound.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama gan semoga tips di atas berguna buat kamu dan kalian semua yang sedang berkunjung dan membaca blog ini ... :)
      Jadikan anda subscribe melalui email update terbaru dari blog kami ya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Agar Detoks Tahan Lama

Tips Agar Detoks Tahan Lama Membersihkan sistem tubuh secara menyeluruh atau biasa di sebut dengan detox, saat ini telah banyak di lakukan guna menjaga kesehatan dan menunjang kecantikan yang alami bagi setiap insan, baik wanita maupun pria. Dimana kegiatan yang di lakukan yaitu dengan cara mengatur pola makan dengan hanya mengkomsumsi makanan mentah dan sangat sehat dalam jangka waktu tertentu guna menhilangkan racun - racun dalam tubuh, yang memperlambat sistem tubuh serta kulit tidak sehat dan rambut lepek. Berikut sepuluh cara agar detoks tahan lama, yaitu: Makanlah lima porsi buah dan sayur dalam satu hari. Minumlah air putih setidaknya 8 gels -12 gelas sehari. Kurangi konsumsi kopi. Makanlah ikan dan daging tanpa lemak, hindari daging merah. Berolahragalah secara rutin setiap hari walaupun hanya berjalan - jalan di kompleks perumahan minimal 20 menit. Usahakan untuk dapat melepas stres dan relaks dalam menjalani kehidupan. Konsumsi antioksidan. Berhentilah Merokok

Merampingkan Perut Pasca Melahirkan Dengan Asam Jawa

Merampingkan Perut Pasca Melahirkan Dengan Asam Jawa Masalah yang sering timbul paca melahirkan bagi setiap wanita adalah bagian perut mereka yang membuncit. Padahal perut yang rata merupakan harga mutlak untuk menunjang penampilan bagi kaum wanita. Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan kembali bentuk perut meraka seperti semula sebelum melahirkan. Berikut ramuan alami untuk mengembalikan perut seperti semula: Sediakan 3 ruas asam jawa, 2 ruas kencur yang sudah diparut, 1 buah jeruk nipis yang sudah di potong halus, dan 1 sendok makan beras yang sudah di rendam dan di tumbuk. kemudian campur semua bahan menjadi satu, lalu di remas - remas. Letakkan ramuan ini di sekeliling perut, kemudian balut dengan stagen selama 45 menit. Lakukan hal ini secara rutin setiap pagi dan sore sehabis mandi. Siapa bilang perut rata pasca melahirkan hanya impian.

Mengurangi Berat Badan Dengan Mengontrol Kalori

Mengurangi Berat Badan Dengan Mengontrol Kalori Bagi wanita mengontrol berat badan sangatlah penting. Tubuh ideal menjadi harga mati untuk menunjang kecantikannya. Berbagai cara di lakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proposional. Bahkan bagi sebagian kaum wanita, kenaeikkan berat badan satu atau dua kilo saja menjadi bahaya besar dalam hidup mereka. Ada berbagai cara untuk mengurangi kelebihan berat badan, antara lain dengan mengontrol jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Terapkan konsep diet yang menghindari variasi makanan padat energi, dengan cara teratur mengonsumsi berbagai makanan rendah kalori. Masing - masing makanan pada dasarnya memiliki jumlah kalori yang berbeda. Dua faktor yang menentukan makanan tersebut rendah atau tinggi kalorinya yaitu air dan serat yang terkandung pada makanan tersebut. Buah dan sayuran rata - rata memiliki kandungan air yang tinggi sehingga porsi kalorinya pun rendah. sedangkan proses pencernaan makanan berserat tinggi, seperti sa

Tips Agar Kuku Tetap Indah

Tips Agar Kuku Tetap Indah Wajah yang cantik dengan riasan yang sempurna, di tambah dengan rambut dan kulit yang sehat tentunya akan membuat penampilan kita semakin mempesona. Tetapi pasti akan berkurang nilainya jika kuku kita terlihat tidak rapih dan kusam. Karena walaupun kelihatannya tidak terlalu penting untuk dirawat, justru dari kuku inilah orang akan menilai tingkat kebersihan kita. Pengecatan, Penggunaan alat kikir dan penggunaan kuku palsu yang tidak benar merupakan faktor utama yang membuat kuku - kuku kita terlihat tidak bersih, sehat dan indah. Berikut cara agar kuku kita tetap indah: Kikir kuku secara teratur. Hindari alat kikir yang terbuat dari metal. Jika ingin mewarnai kuku, hindari menggunakan cat kuku yang mengandung aseton. Hal ini akan membuat kuku anda kering dan bersisik. Hindari penggunaan kuku palsu dalam jangka panjang, minimal 2 minggu sekali bebaskanlah kuku anda dari kuku-kuku palsu. Gunakanlah sikat kuku untuk membersihkan bagian bawah kuku.

Resep Herbal Asam Urat

Resep Herbal Asam Urat Asam urat ( arthritis gout ) adalah penyakit sendi yang berhubungan dengan metabolisme. Biasanya asam urat di sebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang zat asam urat. Zat ini seharusnya di buang melalui ginjal, namun karena tidak segera di buang, maka akan bertumpuk dalam darah. Gejala yang timbul apabila kadar asam urat dalam darah melebihi ambang batas normal adalah peradangan sendi atau rasa sakit yang amat sangat pada tulang sendi. Peradangan sendi ini terjadi karena adanya kristal asam urat pada sendi. Sendi yang terserang akan tampak membengkak, merah, panas, nyeri di kulit, sakit kepala, dan nafsu makan menurun. Penanganan pertama Pertolongan pertama untuk penderita asam urat yaitu menghilangkan rasa sakit dengan analgesic, anti inflamasi, anti racun, pelancar peredaran darah dan antibiotik. Penderita di harapkan meminum banyak air, sekitar 3 liter per hari. Untuk penderita yang berbadan gemuk, di usahakan mengurangi berat badan dan mengatur po